ingredients

Andaliman

Andaliman

Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah. Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan.

Selain digunakan sebagai rempah/bumbu untuk memasak, ternyata andaliman mengandung senyawa terpenoid yang mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berperan penting untuk mempertahankan mutu produk pangan (pengawetan).

Sejarah Andaliman

Salah satu Rempah yang sampai saat ini masih di Budidayakan oleh Petani Suku Batak memiliki Sejarah yang sangat panjang,Bahkan sampai Penjajahan Belanda di Indonesia,
Begitu Eksotisnya Rempah Nusantara ini membuat Perusahaan Persatuan Dagang Belanda untuk Hindia Timur atau VOC (Vereenigde Osst Indische Compagnie) sekitar 400 Tahun yang lalu datang untuk Mengambil dan Memanfaatkan bahkan Menguasai Rempah ini.

Rempah Tuba juaga tidak hanya di kenal di Indonesia saja,bahkan Luar Negri seperti Amerika dan Cina,Rasa Pedas dan membuat Lidah Bergetar yang dihasilkan dari Rempah ini,
Di Luar Negeri Rempah Tuba tidak hanya sebagai Penyedap Rasa Makanan,Bahkan untuk Industri.

Rempah Tuba atau yang lebih dikenal dengan Nama Latin Zanthoxylum memiliki sebutan yang berbeda-beda di Tanah Batak,seperti yang Kita Ketahui Tanah Batak sangat Luas.
Di Daerah Tanah Batak Toba Rempa ini memiliki sebutan Andaliman,di Daerah Simalungun,Tanah Karo dan Dairi Rempa ini memiliki sebutan Tuba,dan di Tanah Tapanuli Selatan Rempah ini memiliki sebutan Syiarnyar.Pemberian Nama atau Sebutan Rempah ini ditentukan oleh Ukuran,Buah dan Bentuk Duri dari yang Melekat pada Rempah tersebut.

Sumber: berandabatak.blogspot.com/2013/11/sejarah-andaliman-atau-rempa-tuba.html


Klabet

Klabet

Fenugreek atau klabet yang berbentuk butiran mungil seperti kerikil banyak digunakan dalam racikan menu berempah. Sering dijadikan bumbu masakan India, Pakistan, dan Sri Lanka. Di Indonesia sendiri, rempah klabet juga sering dimanfaatkan di wilayah Aceh, sebagai bumbu dalam masakan kari, gulai, dan juga kalio. 
Cara untuk menggunakan klabet pada masakkan yaitu dengan menambahan klabet yang sudah disangrai  lalu dimasukkan ke dalam masakkan. Klabet yang sudah disangrai biasanya memberikan aroma semerbak yang enak.


Klabet merupakan nama lain dari fenugreek. Biji menyehatkan yang satu ini terkenal sebagai bahan utama dalam pembuatan bumbu kari di India. Mulai dari sana, biji ini menyebar sampai ke wilayah Asia lainnya dan juga Eropa. Rasa biji ini tidaklah nyaman di lidah, rasanya cenderung pahit. Itulah mengapa Anda perlu mengolah biji ini terlebih dahulu ke dalam bentuk bubuk agar lebih mudah untuk dikonsumsi dengan bahan sehat lainnya seperti madu.
Mengapa Anda perlu mengonsumsi biji klabet? Hal ini didasari oleh kandungan nutrisi dalam biji ini yang mampu memberikan manfaat kesehatan yang baik. Biji ini mengandung protein, zat besi, karbohidrat, air, kalsium, dan juga fosfor. Saat ini sudah banyak produk yang dijual dengan bahan biji klabet dalam bentuk yang lebih mudah untuk Anda konsumsi seperti kapsul. Anda juga dapat membeli biji ini langsung agar dapat memperoleh khasiatnya yang masih fresh.

Temukunci
Temu Kunci

Temu Kunci adalah sejenis rempah-rempah yang rimpangnya dipakai sebagai bumbu dalam masakan Asia Tenggara. Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah. Salah satu keluarga jahe ini merupakan rempah asli Jawa dan Sumatra.
Temu kunci berbentuk seperti umbi akar yang mirip dengan jari telunjuk, memanjang, kulitnya berwarna cokelat muda, dan sangat tipis. Bagian dalam temu kunci berwarna kuning muda dengan aroma yang segar dan khas. Temu kunci bisa digunakan dalam membuat sayur bening, hidangan ikan, selada dan urapan. Cara mengolahnya yaitu pilihlah umbi akar yang tua, kupas lalu memarkan agar aromanya keluar  atau iris halus lalu tumis dengan bumbu lain. 

Khasiat Dan Manfaat Temu Kunci

Temu Kunci Adalah rimpang dari salah satu Jenis Tanaman Obat yang tergolong dalam kelompok temu-temuan / rimpang-rimpangan atau lebih dikenal dengan istilah Zingiberaceae. Temu kunci juga termasuk dalam jenis rempah-rempah pelengkap bumbu masakan. Dalam keseharaian masyarakat biasanya digunakan sebagai bumbu sayur berkuah seperti bayam dan juga daun kelor. Dalam klasifikasinya, Temu kunci diapit dalam kerajaan Plantae sehingga mempunyai nama latin atau ilmiah Boesenbergia rotunda. Untuk penyebaran, Temu kunci banyak ditemukan pada wilayah atau negara Bagian Asia Tenggara dan salah satunya termasuk juga Indonesia. Dan hal inilah yang menjadikan Indonesia khususnya pulau jawa banyak ramuan tradisional yang berasal dari Temu kunci, sebab selain bisa digunakan sebagai rempah, Temu kunci juga berfungsi sebagai obat alami yang mempunyai sifat anti racun yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita.


Kencur

Kencur

Kencur (nama bahasa Jawa dan bahasa Indonesia) dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: cikur (bahasa Sunda), ceuko (bahasa Aceh), kencor (Madura), cekuh (bahasa Bali), kencur, sukung (bahasa Melayu Manado), asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa-bahasa di Maluku), serta cekir (Sumba).
Tekstur kencur lebih kecil, warna kulitnya cokelat (agak gelap) dan warna dagingnya putih kekuningan. Aromanya sangat khas dan digunakan untuk masakan tertentu seperti membuat aneka peyek. Tidak hanya untuk bumbu masakkan saja jamu tradisional pun menggunakan kencur sebagai komponennya. Jika ingin kencur tahan lama,simpan dalam wadah yang kering.

Bicara soal khasiat memang tanaman kencur ini mempunyai khasiat, yaitu bisa mengobati beberapa penyakit yaitu :

  • Obat batuk
Ambil beberapa buah kencur, kupas kulitnya, dan parut. Setelah itu, peras hasil parutannya dan ambil airnya dengan disaring hingga kira-kira mendapatkan 250 ml. Tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari hingga batuk menghilang. Catatan : Resep ini lebih diutamakan jika diminum saat penyakit belum parah.

  • Obat Keseleo
Satu buah kencur dan tambahkan dengan beras yang sudah direndam. Lumatkan bahan-bahan tersebut dang tambahkan air secukupnya.
Cara pemakaian = Oleskan racikan pada bagian yang oleso.

  • Obat flu batuk pada bayi
Untuk flu : Satu buah kencur, ambil sebesar ibu jari saja, kemukus (lada berekor/ Cubeb) lalu tumbuk sampai halus, tambahkan air hangat kurang lebih 3sendok teh. 
Cara pakai = Oleskan diseputar hidung bayi.
Untuk batuk : ambil kencur dan kemudian kupas buang kulitnya, parut dan setelah di parut peras dan ambil sarinya, tambahkan kurang lebih satu sendok air hangat.
Cara pakai = Diminumkan kepada bayi.


Komentar