ingredients

Kapulaga

Kapulaga

Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Biasanya kapulaga banyak digunakan untuk bumbu  masakan seperti kari atau gulai, karena membuat rasa masakan tersebut menjadi lebih sedap.


Khasiat Dan Manfaat Kapulaga

tanaman obat yang akan kami bahas kali ini yaitu Kapulaga. Mengenai penjelasan singkat, Kapulaga adalah sejenis buah dari tanaman suku jahe-jahean atau temu-temuan yang dimanfaatkan buahnya. Dalam klasifikasi dan familinya, Kapulaga termasuk dalam kerajaan Plantae serta mempnuyai keluarga Zingiberaceae dan masih dalam kelas Liliopsida. Kapulaga mempunyai nama latin atau ilmiah Amomum compactum dan mempunyai manfaat sebagai rempah yang merangkap dengan khasiat jamu didalamnya.

Kapulaga mempunyai banyak nama panggilan dalam setiap wilayah, seperti Kapulaga/Karkolaka pada daerah Bali, Garidimong ( Sulawesi Selatan), dan Kapulogo pada pulau Jawa. Dan masih banyak lagi nama panggilan lain yang berbeda wilayah serta suku, juga beda sebutan dan pengenalannya. Ciri dari tanaman kapulaga sangat sederhana saja, Pohon dan daun yang berbentuk terna, Hampir sama dengan jenis jahe-jahean yang lain. Rimpangnya menjalar seperti akar dalam tanah dengan tanda putih kekuningan pada daging rimpangnya, bunga berwarna putih kekuningan, tipis dan  mudah layu.

Namun yang dibahas disini bukanlah ciri maupun nama kelompok dari Kapulaga tersebut. Melainkan kita akan menggali dan mencari informasi tentang Manfaat Dan Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan. Namun, rasanya tidak lengkap juga jika tidak mengupas secara habis-habisan tentang Kapulaga ini. Perlu juga anda tahu bahwa kapulaga juga terbagi dalam dua jenis, yaitu kapulaga Jawa dan Kapulaga Sabrang/Seberang atau Kapulaga India. Tapi intinya disini manfaat maupun khasiat dari Kapulaga semua sama dan berakibat serta berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.


Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. 
Tekstur lengkuas hampir mirip dengan jahe tetapi warna kulitnya terang kemerahan dan dagingnya agak keras jika dipotong. Biasa dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan dalam masakan.

engertian dan Definisi Tanaman Lengkuas Jenis Jahe Jahean. Lengkuas (Lenguas galanga atau Alpinia galanga) sering digunakan oleh para ibu di dapur sebagai penyedap masakan. 

Tumbuhan herba/terna menahun tinggi 1,5 – 2 m, tegak, terestrial, dengan kumpulan daun berbentuk roset dekat permukaan tanah. Akar serabut tumbuh di sekitar rimpang, warna coklat muda. Tidak berbatang nyata, batang terdapat di dalam tanah sebagai rimpang. Rimpang bercabang sangat kuat, cabangnya banyak, berumbi, aromatik. Akar sangat banyak. Umbi berwarna putih dengan tepi berwarna coklat kekuningan. Daun biasanya 2, jarang 1 atau 3, bentuk elip besar atau bulat, dengan pangkal daun membulat sampai agak berbentuk jantung, menyempit ke arah tangkai, segera sangat pendek meruncing, permukaan atas daun suram, berambut, dengan tepi oranye atau coklat merah, hijau, bagian bawah hijau pucat, daging daun seperti kulit, panjang helaian 7-15 cm, lebar 2-8,5 cm, tangkai daun 3-10 mm, ligula sangat pendek, pelepah daun terdapat di dalam tanah, berwarna putih, panjang 1,5-3,5 cm. Bunga majemuk, silindris, keluar tersendiri di ujung batang, panjang sampai 4 cm, dengan 4-12 bunga atau lebih, daun pelindung 2, sangat sempit, 3-3,5 cm. Kelopak bunga dengan ujung bergigi dua. Daun mahkota berwarna putih, berbau harum, bentuk tabung dengan ukuran 2,5-5 cm. Benang sari steril berbentuk lembaran, berlekatan berbentuk bibir (labellum), di bagian bawah tengah-tengahnya berbercak ungu, yang lain putih atau ungu cerah dengan titik-titik ungu, kepala sari besar. Buah bulat, keras.


Daun Salam

Daun Salam

Daun salam merupakan daun jenis rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk masakan di Indonesia mau pun di daerah lainnya terutama untuk masakan kari. Daun salam digunakan sebagai pengharum masakan. Boleh menggunakan daun salam utuh yang masih segar (baru dipetik) atau yang sudah kering dikarenakan rasa masakan yang akan dihasilkannya sama saja.

Daun Salam merupakan daun dari tanaman salam yang sering kali digunakan sebagai bumbu dapur. Selain bumbu dapur juga beberapa orang menggunakannya sebagai obat herbal yang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit. Tapi tahukah Anda bagaimana apa nama latin daun salam? Jika Anda tidak tahu dan ingin mengetahui apa nama latin dan klasifikasi daun salam, maka temukan jawabannya di artikel ini!

Pohon salam berwarna coklat abu-abu, kayunya memecah atau bersisik dan tingginya bisa mencapai 30 meter dengan diameter hingga 60 cm. Pohon ini memiliki bunga berupa malai dengan banyak kuntum bunga, 2-8 cm. Sering kali bunganya muncul di bawah daun atau di bawah ketiak ranting. Bunganya berwarna harum dan gampang rontok. Oleh para ilmuwan luar negeri, daun salam yang biasa kita pakai sering kali disebut dengan Indonesian Bay Leaf.

Daun salam adalah salah satu jenis rempah-rempah yang diproduksi oleh pohon salam (Syzygium polyanthum). Daun salam sendiri saat ini banyak dimanfaatkan sebagai penyedap alami pada masakan karena aromanya yang khas. Namun, selain manfaatnya sebagai penyedap makanan, daun salam ternyata juga menyimpan sejuta manfaat lain bagi kesehatan.Daun salam terbukti memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Selain kandungan vitamin dan mineral, daun salam juga mengandung beberapa antioksidan dan senyawa kimia seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.


1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imunitas)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun salam memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin, termasuk vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Anda bisa menambahkan daun salam dalam setiap masakan atau mengolahnya menjadi teh untuk mengambil manfaat daun salam sebagai peningkat daya imunitas tubuh ini. Anda juga bisa menambahkan madu pada teh daun salam ini agar rasanya menjadi lebih manis. Cara mengolah daun salam menjadi teh akan dipaparkan dibawah.

2. Minuman Untuk Diet

Teh daun salam ternyata bisa menjadi salah satu solusi bagi kita yang sedang diet. Kandungan beberapa jenis senyawa kimia, enzim, dan serat dalam daun salam ternyata memiliki khasiat untuk melancarkan 

Langkah-Langkah:

  • Siapkan 30 lembar daun salam.
  • Cuci hingga bersih lalu rebus dalam empat gelas air putih.
  • Tunggu sampai mendidih hingga airnya hanya tersisa setengahnya.
  • Tunggu hingga dingin dan minum secara rutin dua gelas per hari.
Dianjurkan untuk meminum teh daun salam ini sebelum tidur.

Sumber:  aniqqotul.blogspot.co.id/2013/06/daun-salam-dan-manfaatnya.html

Komentar