ingerients


Kunyit


Kunyit merupakan tanaman rempah yang berasal dari india. tanaman kunyit berupa semak memiliki tinggi kira-kira 70cm. kunyit memiliki batang semu, akar serabut berwarna coklat muda dan membentuk rimpang. Daun kunyit berbentuk lanset memanjang, tulang daunnya menyirip,pangkal dan ujungnya meruncing, berwarna hujau pucat, mempunyai tangkai yang panjang dengan panjang sekitar 40 cm. Rimpangnya memanjang berbentuk jari,berwarna kuning, dan sedikit bersisik. Benih yang di budidayakan adalah rimpangnya. Kunyit hidup subur di kawasan lapang dan mendapat cahaya matahari.

Bagian tanaman kunyit yang dijadikan bumbu dapur adalah rimpang dan daunnya. Daun kunyit memberikan aroma harum pada masakan dan rimpangnya memberikan warna kuning pada masakan.


sumber:arti-definisi-pengertian.info/pengertian-dan-manfaat-kunyit/


kemiri

Kemiri Adalah

Kemiri adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Kemiri sering disamakan dengan candle nut. Kemiri berkulit keras dan biasanya dimanfaatkan dagingnya. Kemiri bertekstur keras tetapi tetap mudah dihancurkan. Kemiri merupakan salah satu jenis bumbu utama masakan. Kemiri banyak digunakan untuk masakan Asia, masakan lokal, hingga masakan barat. Kemiri memiliki rasa yang manis. Kemiri berwarna putih dengan cangkang keras berwarna coklat kehitaman. Kemiri juga merupakan biji-bijian yang dapat dibelah dua. Kemiri berbentuk bulat dan biasanya dijual dalam bentuk kupasan. Kemiri dipasarkan dalam bentuk kiloan atau sudah dipak dalam plastik. Kemiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kemiri sudah menjadi komoditi utama di Indonesia dan banyak dihasilkan di berbagai daerah di nusantara.

Fungsi

Kemiri dimanfaatkan untuk berbagai hal. Kemiri memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan kalsium yang cukup tinggi juga. Manfaat kemiri yang terkenal adalah untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut dengan cara dibuat minyak. Kemiri juga dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri akibat sikat gigi. Selain itu, kemiri bisa dimanfaatkan untuk obat diare

Penggunaan kemiri untuk masakan berfungsi untuk mengentalkan kuah. Kemiri dapat membuat kuah bening menjadi keruh dan kental. Penggunaan kemiri untuk mengentalkan kuah biasanya dimanfaatkan untuk soto, rawon, dan sebagainya. Selain itu, kemiri juga umumnya digunakan untuk membuat bumbu menempel pada bahan masakan misalnya bumbu balado agar menempel pada ayam.
jeruk nipis


Pada umumnya, buah jeruk sangat kaya akan mineral dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Penelitian mencatat bahwa didalam 100g jeruk nipis mengandung 51 Kal kalori, 0,9 Protein, 0,2g Lemak, 11,5g Karbohidrat, 33 mg Kalsium, 0,5g Mineral, Fosfor 23 mg, 0,4 mg zat besi serta 49mg asam askorbat.
Selain mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jeruk nipis juga ternyata mengandung asam amino, asam sitrat (lisin dan tirptofan), minyak atsiri, atsiri (sitral, limonen, lemon kamfer,felandren, kadinen, gerani-lasetat, nildehid ,linali-lasetat, aktilaldehid), damar, asam sitrun glikosida, kalsium, lemak, fosfor, besi, vitamin B1 dan belerang.
Sedangkan daun dan bunganya juga mengandung minyak terbang. Berikut klasifikasi ilmiahnya:
  • Nama Ilmiah: Citrus Aurantium.
  • Species : C. Aurantifolia.
  • Genus : citrus.
  • Family : rutaceae.
  • Ordo : sapindales.
  • Kelas : magnoliopsida.
  • Divisi : magnoliophyta.
  • Kerajaan : plantae.

Ciri-ciri Tanaman Jeruk Nipis

Perlu anda ketahui, bahwasannya jeruk nipis memiliki berbagai cirikhas tertentu. Sebagai pengetahuan, berikut akan kami bahas secara terperinci.

Bunga

Bunga yang dimiliki tanaman jeruk nipis termasuk ke dalam kategori majemuk atau tunggal. Selain itu, bunga jeruk nipis ini terletak pada ketiak atau ujung batang. Bunga tersebut memiliki diameter antara 1,5 hingga 2,5 centimeter dan kelopaknya berbentuk mangkok.

Buah

Tentunya, bentuk buah jeruk nipis sendiri sudah sangat familiar di kalangan masyarakat di Indonesia. Jeruk yang biasa digunakan sebagai obat batuk ini memiliki tekstur warna kulit yang hijau pekat (akan menguning ketika tua). Biji yang ada di dalamnya berwarna putih dan berbentuk bulat seperti telur.

Biji

Buah Jeruk nipis memiliki banyak sekali biji di dalamnya. Bentuknya kecil-kecil, licin dan berbentuk seperti telur. Biji jeruk nipis ini juga memiliki lapisan kulit luar dan dalam (testa dan tegmen).

Daun

Daunnya termasuk kedalam kategori majemuk. Berntuknya elips atau bulat telur, ujung tumpul, pangkal membulat dan tepi beringgit. Panjangnya sekita 2,5 hingga 9 Centimeter dengan lebar 2 hingga 5 centimeter. Pertulangan yang ada pada daun ini termasuk kedalam kategori menyirip. Ukuran tangkainya antara 2 hingga 25 mm. Bersayap dan berwarna hijau.

Batang

Batang tanaman buah jeruk nipis termasuk kedalam kategori berkayu. Diameternya bulat dan dilengkapi dengan duri-duri. Ia juga memiliki tekstur warna kulit yang putih agak kehijau-hijauan.

Akar

Akar tanaman jenis ini termasuk kedalam kategori akar tunggang. Bentuknya bulat dan berwarna putih kekuning-kuningan.


Komentar