ingredients

bahan makanan

1. wijen





Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya afrila tropik diduga merupakan daerah asalnya, yang lalu tersebar ke timur hingga ke india dan tiongkok. Di Afrika Barat ditemukan pula kerabatnya, S. ratiatum Schumach. dan S. alabum Thom., yang di sana dimanfaatkan daunnya sebagai lalap. S. ratiatumjuga mengandung minyak, tetapi mengandung rasa pahit karena tercampur dengan saponin yang juga beracun.
Saat ini, wijen ditanam terutama diinida,tiongkok ,mesir

Kandungan gizi

Biji wijen mengandung 50-53% minyak nabati, 20% protein, 7-8% serat kasar, 15% residu bebas nitrogen, dan 4,5-6,5% abu. Minyak biji wijen kaya akan asam lemak tak jemuh, khususnyaasam oleot(C18:1) danasam lineleot(C18:2, Omega-6), 8-10%asam lemak jauh, dan sama sekali tidak mengandung  Minyak biji wijen juga kaya akan vitamin E Ampas biji wijen (setelah diekstrak minyaknya) menjadi sumber protein dalam pakan ternak

Kegunaan

Wijen sudah sejak lama ditanam manusia untuk dimanfaatkan bijinya, bahkan termasuk tanaman minyak yang paling tua dikenal peradaban. Kegunaan utama adalah sebagai sumber minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih digunakan sebagai penghias pada penganan, misalnya onde-onde dengan menaburkannya di permukaan penganan tersebut. Biji wijen dapat dibuat pasta. Berbagai tradisi memasak yang memanfaatkan kedelai tersebar mulai dari kawasan laut tengah, seperti yunani dan turki hingga jepang  dan semenanjung korea


https://id.wikipedia.org/wiki/Wijen









Kemiri adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Kemiri sering disamakan dengancandle nut. Kemiri berkulit keras dan biasanya dimanfaatkan dagingnya. Kemiri bertekstur keras tetapi tetap mudah dihancurkan. Kemiri merupakan salah satu jenis bumbu utama masakan. Kemiri banyak digunakan untuk masakan Asia, masakan lokal, hingga masakan barat. Kemiri memiliki rasa yang manis. Kemiri berwarna putih dengan cangkang keras berwarna coklat kehitaman. Kemiri juga merupakan biji-bijian yang dapat dibelah dua. Kemiri berbentuk bulat dan biasanya dijual dalam bentuk kupasan. Kemiri dipasarkan dalam bentuk kiloan atau sudah dipak dalam plastik. Kemiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kemiri sudah menjadi komoditi utama di Indonesia dan banyak dihasilkan di berbagai daerah di nusantara.
fungsi
kemiri dimanfaatkan untuk berbagai hal. kemiri memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan kalsium yang cukup tinggi juga. manfaat kemiri yang terkenal adalah untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut dengan cara dibuat minyak. kemiri juga dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri akibat skit gigi. selain itu, kemiri bisa dimanfaatkan untuk obat diare
penggunaan kemiri untuk masakan berfungsi untuk mengentalkan kuah. kemiri dapat membuat kuah bening menjadi keruh dan kental. penggunaan kemiri untuk mengentalkan kuah biasanya dimanfaatkan untuk soto, rawon, dan sebagainya. selain itu, kemiri juga umumnya digunakan untuk membuat bumbu menempel pada bahan masakan misalnya bumbu balado agar menempel pada ayam.
cara mengola
kemiri dapat disimpan dalam waktu yang lama hanya dengan disimpan dalam toples tertutup baik dalam keadaan terkupas atau tidak terkupas. untuk pengolahan masakan, kemiri umumnya dihaluskan dengan cara ditumbuk halus atau diparut halus. kemudian kemiri dicampurkan dengan bumbu halus dan ditumbuk bersama bumbu tersebut.
kemiri juga bisa dibuat minyak. membuat minyak kemiri cukup mudah. anda hanya perlu merebus kemiri sampai matang. kemiri yang direbus matang akan mengeluarkan minyak. minyak tersebut diambil dan didinginkan lalu disimpan dalam botol tertutup. anda juga dapat menambahkan minyak zaitun dalam minyak kemiri yang sudah jadi untuk menambah aroma wangi.

 

 http://www.kerjanya.net/faq/18014-kemiri.html



3. kemangi





Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.
Kemangi adalah hibrida  antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.
Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Komentar